Awal 2018, akhirnya..

Setelah melewati semester terberat ini, Alhamdulillah akhirnya bisa terlewati juga meskipun ada manis dan pahitnya. Flashback dulu deh ya, jadi sebenernya biasanya tuh selama dua tahun aku kuliah di itb, aku ngalamin yang namanya fluktuasi IP. Nilai aku tuh selalu naik di semester ganjil dan turun di semester genap karena tiap semester genap aku pasti nyoba sbmptn (fokusnya kebagi buat belajar sbm). Nah, ternyata hal itu terjadi lagi di semester dua saat udah di kedokteran. Nilai semester 2 aku turun karena mulai sibuk organisasi dan suka kedistraksi saat lagi belajar. Tapi, kali ini, aku ga tau sih.. dan mungkin udh bisa diprediksi nilai aku kayak gimana di semester ini. Soalnya, barusan banget, aku beres ujian soca dan hasilnya.. hmm.. Buka-bukaan aja ini mah ya, setelah 4 kali soca, aku pernah ngerasain dapet nilai dari yang tinggi banget sampe rendah (hampir remed), yaitu 90an, 80an, 70an, sampe 60an. Jadi selalu menurun dari sooca sebelumnya. Ga heran sih, soalnya kalo aku flashback, semester ini aku bener2 sibuk organisasi. Sebenernya bukan suatu alasan sih, toh temen-temenku yang lain bisa presentasi dengan lancar-lancar aja. Sayangnya, yang membedakan itu, aku suka ga manfaatin kesempatan untuk belajar dan ibadahku juga ga sebaik sebelumnya karena kebiasaan begadang, ketiduran lah dan tiba-tiba langit udah terang sampe cahayanya nimbus ke kamar terus lupa sholat, siklus tidur juga berantakan.

Nah, aslinya nih ya, soca sekarang bener-bener udah prepare banget sampe aku nyicil berhari-hari buat belajar setiap kasusnya, ngorbanin ga jalan-jalan pas kakak lagi pulang ke rumah, bela-belain banget buat belajar.. bahkan aku baca langsung semua materi langsung dari buku. Belajarnya sampe ngelotoook banget sampe ngebul kepalanya. Tapi, emang ternyata belajar kayak gitu ga efektif buat soca. Di soca, kita lebih menekankan pada pemahaman, analisis kasus, dan harus bisa ngaitin sama ilmu dasarnya. Udah bukan lagi saatnya cari-cari LI dari buku. Kita udah harus bisa memahami dan paling utama sih, bisa menjelaskan. Jadi, pas liat kertas kasus tuh langsung ngeuh, oh ini kasus ini.. efeknya kemana, harus bahas apa aja, dan latihan ngomongnya itu yang susah. Satu hal yang akan kamu rasakan kalo ngelewatin soca: ternyata public speaking itu ga gampang, mengajar itu ga gampang, dan ga semua orang punya bakat atau langsung bisa. Untuk bisa ngejelasin dalam waktu singkat itu perlu keterampilan yang rutin dilatih.. Sulit lho membuat orang mengerti bahasa kita. Belum lagi biasanya kalo ngejelasin ke temen kan yang penting mereka ngerti, tapi kalo ke dosen.... bahasanya, pemilihan katanya susah banget kalo ga dilatih, apalagi kalo udah lupa atau ga ngerti kasusnya beuh keliatan banget sama pengujinya.Ini juga yang aku sayangkan. Karna aku baru latihan presentasi sekitar 2-3 hari sebelum soca, hasilnya ya shortterm memory. Udah mah aku kurang tidur, jadi banyak banget typo2nya dan kesannya malah kayak ngafalin kasus, banyak yg sebenernya lebih penting tapi ga kebahas.

Meskipun hasilnya memang ga memuaskan, tapi aku bersyukur banget bisa dapet segitu dan koreksi dokternya melekat sampe sekarang lho, (fyi aku keluar ruangan hampir paling akhir) sampe aku inget banget detail kasusnya ada apa aja wkwk Pas aku liat temen2 yg lain keluar dari ruang ujian, banyak yg sumringah dan seneng karna dpt nilai bagus, ada juga yang cuma belajar beberapa kasus dan hoki banget dpt salah satu kasus yang dia emang pelajari.

Soca emang banyak cerita dan soca semester ini sih yang paling berat. Selain materinya, godaannya juga berat. Di tahun 2017 tuh banyak godaan, soalnya sosmed lagi gencer2nya (banyak publikasi) dan entah kenapa bikin addicted aja buat diliat terus. Selain itu, banyak acara dan keluarga aku lagi hype2nya sama kakak aku yang baru nikahan, organisasi juga banyak banget kegiatan. Aku sering banget terlena sama situasi kayak gini, kayak ngerasa hidup udah enak gitu dan males ngapa-ngapain. Terus lupa, aku tuh kuliah kedokteran yang materinya bejibun sedangkan waktu pendidikan sebentar. Di akhir, baru sadar kalo semua udah terlambat tapi ujian harus tetap dilewati. Langsung cus belajar kebut semalam. 

Beres soca, rasanya kayak lega banget dan ga kerasa udah 4 kali sooca yang berarti udah setengah jalan menuju sked. Kuliah di kedokteran itu bener-bener ga kerasa. Beda sama pas kuliah di sebelah, kerasa lamanya dua tahun hahaha Kalo kata bapak aku, "Waktu itu terasa berjalan cepat karena kita menikmati masa-masanya atau terlalu sibuk." Ada benernya sih, yang "terlalu sibuk" bukan yang "menikmati" wkwk Seriusan deh, aku kayak baru masuk kedokteran kemarin terus sekarang udah mau semester 4 dan temen-temen di itb bbrp udah sidang proposal, terus temen-temen yang di kedokteran juga bulan Februari udah co-ass. Kalo kalian bilang sekolah kedokteran itu lama benget, sebenernya kalo kalian yang ngomong begitu ngerasain kuliah kedokteran bakal ngerasa sebentar lho (read: terasa cepat berlalu :p). Hmm.. jadi kayak relativitas di fisika ya.. Makanya, jangan sampe terlena. Belajarnya harus konsisten.. Yang pasti susah sih, kalo buat aku, belajar kebut semalam kalo di kedokteran. Kalo ada orang-orang yang pernah cerita belajarnya cuma beberapa hari sebelum ujian, kalian harus tau.. sesungguhnya di kedokteran itu emang ada manusia super yang kalo belajar itu langsung nangkep intinya, I mean.. logika mereka bagus banget. Sedangkan, aku manusia biasa yang harus rajin belajar dan diskusi dulu sama temen atau nonton video osmosis, Armando, sama dokter najeeb dulu untuk bisa paham materi tertentu. Contohnya, metabolisme asam amino, karbohidrat, sama protein. Materi itu aku kuasain banget dan yang membuat aku bisa inget materi itu sampe sekarang adalah ingatan aku pas belajar di itb. Aku pernah belajar biokimia selama satu semester di itb dan yang dibahas sepanjang satu semester itu ya metabolisme 3 komponen itu (paling dominan). Kebayang dong bosennya kayak apa. Tapi, karena sampe masuk fk terus aja diulang, jadi ya inget terus sampe sekarang. 


Epilogue
Di awal tahun ini, banyak hikmah yang bisa aku petik, terutama dari ujian hari ini. Aku sadar bahwa jadi seorang dokter itu harus siap menghadapi situasi dan kondisi pasien seperti apa pun. Harus siap mental, fisik, wawasan, kecekatan, dan komunikasi yang baik. Lagi-lagi nilai menurutku ga menjamin seorang dokter lebih baik daripada dokter lainnya (eh atau karna nilai aku jelek aja jadi ngomong gini wkwk). Tapi serius, ada kalanya ujian itu bisa hoki dan dapet kasus yang memang dikuasai dan ada kalanya apes karena dapet kasus yang ga dipelajari (semacam aku). Nah, kalo jadi dokter? Semua harus bisa dimengerti karena semua bisa muncul. Kalo hanya mengandalkan keberuntungan, ya mungkin kalo pas selamat, kalo ngga? Hanya Tuhan yang tau..

Yang paling penting lagi, ga ada dokter ditanya sama pasiennya ipk berapa. Boro-boro nilai, lulusan mana juga ga ditanya. Pasien pedulinya juga sama diri sendiri kan gimana caranya bisa sembuh. Jadi, the point is.. kamu harus benar-benar memahami setiap ilmu dasar dan klinisnya, bukan harus dapet nilai bagus. Karena kalo cuma mau dapet nilai bagus, orang bisa aja susulan atau ujian ulang. 

Menurut aku, ujian ini adalah salah satu cara biar aku tau kemampuan aku segimana dan harus belajar supaya lebih paham lagi, selain untuk syarat kelulusan. Intinya sih ya, kalo belajar di kedokteran itu, untung dan ruginya kita tanggung sendiri. Kalo belajar untungnya buat kita, kalo ga belajar ya ruginya juga buat kita karena di akhir bakal lebih susah buat buka-buka buku lagi. 


OK, sekian ceritaku hari ini..
Semangat semua! 
:)

Komentar

Postingan Populer