Saatnya "Udahan dulu"

Halo semua! Lama ga muncul ya, padahal sebenernya mah banyak banget draft yg mau dipublikasi.. tapi.. pas di tengah-tengah udah nulis cerita yang super panjang.. eh suka tiba-tiba aja kepikiran, kayaknya kurang pantes aja ngomongin konten itu di blog hehehe

Ga kerasa ya, udh satu tahun lebih nulis di blog dan sampe skrg isinya cuma kisah perjuangan aku masuk kedokteran hahaha, walaupun ada sih posting aku yg sengaja di delete karena satu dan lain hal yg membuat aku berpikir, "udah deh hapus aja"

Nah, sebenernya, aku ga pengen cerita panjang lebar apa aja yang udah aku alami dalam setahun ini karena sebetulnya ga jauh beda dari yang aku alami dulu waktu di kampus yang lama. Yang jelas, sebentar lagi aku udah ga akan terlalu aktif di organisasi. Bukan berarti berhenti belajar berorganisasi, tapi organisasi itu bener-bener menyita waktu dan tenaga. At least, aku bener-bener mendapatkan pengalaman yang sangat berguna dari organisasi dan rasanya udah bener-bener cukup. Sekarang, aku lebih ngerasa udah waktunya aku bener-bener total dan serius untuk belajar. Rencana ke depan, aku pengen banget ikut lomba-lomba, seminar, exchange, dan skills training. Aamiiin.. doain juga ya biar tercapai. 

Ohya, jadi.. titik awal aku mulai berpikir untuk tahun depan udah non aktif organisasi adalah sistem EMS-NBSS yang sedang aku jalani sekarang, terutama NBSS (sistem saraf). Di semester ini, kedua sistem berkaitan erat dan sangat banyak pathway yang harus dipahami. Kalo kamu ga paham satu materi aja, it means ke depannya kamu juga ga akan paham dan mau ga mau harus baca yang sebelumnya. Jujur aja, aku agak keteteran belajarnya karena pas beres acara organisasi tuh, bawannya mager buat buka buku.. masuk kamar rasanya pengen tidur aja. Kadang-kadang udah niat tuh mau belajar, eh ketiduran saking capeknya. Memang sih, bukan berarti hanya karena akademik, kita harus ngorbanin untuk ga organisasi. Tapi, namanya juga tiap orang berbeda dan aku ga punya kapasitas yang sebesar orang lain punya, apalagi aku sangat tergantung transportasi umum dan tebengan kalo mau kemana-mana. Pastinya, aku akan habis banyak waktu di jalan karena angkutannya nunggu penuh dulu, lewat jalan pasar dll. Selain itu, kedokteran tuh juga beda.. Kita harus lulus bareng-bareng satu angkatan, ga kayak teknik atau jurusan lain yang lebih fleksibel untuk kelulusan. Contohnya, menteri kabinet dulu (kakakku juga hehe) banyak yang lebih dari 4 tahun baru lulus.. Jadi, kelulusan adalah masalah masing-masing mahasiswa. Sayangnya, sistem kedokteran zaman now menuntut lulus dengan waktu 3,5 tahun karena ngejar cepet juga mungkin ((lama banget sampe bisa jadi dokter)) dan toh sekarang udah banyak media belajar di internet yang memudahkan mahasiswa untuk memahami materi. Jadi, udah ga zamannya sekolah S1 kedokteran bertahun-tahun. 

Karena waktu yang sempit itu, aku sendiri merasa bahwa materi kedokteran itu memang banyak dan dipadatkan banget dalam 3,5 tahun. Sementara, kedokteran unpad menggunakan sistem pbl yang menuntut mahasiswanya belajar mandiri. Makanya, aku pengen bener-bener manfaatin dengan baik, apalagi biaya kuliah aku berasal dari pajak alias uang masyarakat. 

Lebih baik bersusah payah di awal, daripada bersusah payah di akhir. Percaya deh, kuliah itu ga kerasa tiba-tiba udah TA. Aku sendiri ga nyangka secepat itu dan temen-temen kuliahku beberapa sudah lulus kuliah, lulus S1, lho! Tahun depan, aku udah masuk skripsi, satu semester kemudian udah s.ked, besoknya udah koas! Artinya, dua tahun lagi aku bakal ketemu pasien langsung dan praktik langsung ilmu-ilmu yang udah aku dapat semasa pre-klinik. Aku ga kebayang, kalo aku ga bersusah payah belajar dari sekarang, akan kayak apa aku nanti ketika pasien nanya dan dalam pikiran aku, "yaAllah.. itu kan pelajaran pas pre-klinik dan udah lupa skrg. gimana dong jawabnya.." 

Itu yang paling membuat aku deg-degan sampai sekarang. 

Itulah kenapa aku pengen menyudahi aktivitas aku di organisasi karena ga akan lama lagi aku akan berhadapan langsung dengan pasien dan menghadapi realita bahwa segala tindakan kamu akan selalu dikaitkan dengan nyawa pasien. Ga ada lagi pasien standar yang udah diskenario dan mannequin. 

Serem ga sih.. Kalo aku bener-bener bukan hanya mikir lulus doang, aku baru sadar kalo jadi dokter tuh, struggle-nya luar biasa. 

Makanya, begitu aku masuk sistem saraf, aku langsung sadar bahwa aku harus bener-bener memahami semua materi. Ujian bukan hanya yang penting lulus atau harus A, tapi ya untuk diri aku sendiri sebagai calon dokter. Lulus tuh segampang itu. Kalo ga lulus, belajar lagi sampe bisa dapat bagus di remedial. Kalo ga lulus juga, masih bisa remed lagi sampe bagus. Tapi, di depan pasien, kita udah ga bisa remedial. Sekali salah bisa fatal. Ilmu dan skills yang dipelajari pas kuliah S1 itu penting bangeet. Karena itu, ga jarang aku ketemu kakak tingkat aku yang udah koas sering bilang, "Pokoknya belajar yang bener deh, patofisiologi, patogenesis, basic science, dan clinical science-nya. Soalnya, kalo kamu bagus pas S.Ked nya, pas koas pasti bakal lancar."

***

Jujur aja, aku puas banget selama aku organisasi di itb dan fk. Banyak hal baru yang aku temui dan seru banget. Sekarang, udah saatnya regenerasi angkatan yang baru, udah saatnya aku harus menatap ke depan untuk diriku sendiri. Semangat Noood!

Komentar

Postingan Populer