Kuliner Cimahi!


Halo semuanya!

Senangnyaaa Jumat libur lagi :’) Sebenernya, cuma nambah satu hari, doang, karena ada imlek. Cuman, berhubung Senin dan Selasa aku kelas siang dan baru buka kasus, aku bersyukur bisa libur dengan tenang tanpa ada beban learning issue dan lab act yang biasanya menghantui liburan :)) 

Kemarin, aku sempet upload ke instastory, “enaknya nulis tentang apa?” dan lumayan banyak yang reply, salah satunya menjawab makanan. Menarik banget, sih, karena kali ini aku pengen ngebahas tentang kuliner di Cimahi, kota kecil—sangat kecil, lho, cuma tiga kecamatan—tempat aku dibesarkan sampai sekarang. Yuk, langsung disimak aja!

1.      Bubur Sunar (depan Pasar Baros)

Siapa yang ga suka bubur? Cung! Saya ga suka hahaha Jujur sih, sebenernya aku kurang suka sama bubur karena rasanya lembek-lembek gimana gitu. Tapi, kalo kalian udah coba bubur yang satu ini, pasti nagih deh! Atau at least yang tadinya ga suka bubur, setelah makan bubur Sunar jadi suka bubur. Buburnya tuh beda dari yang lain.. Ga berkuah, kental, padat, tapi tetep lembut (ga encer kayak bubur lain), kalo digado (tanpa topping) udah gurih rasanya.



Nah, kalo kalian penasaran pengen nyoba dan kebetulan lagi ke Cimahi, kalian bisa langsung kesini tepatnya di sebrang Pasar Baros, pedagangnya akang-akang yang bawa gerobak depan Alfamart atau Indomart (rada lupa soalnya sebelahan banget alfa sama indomart). Kelebihan dari Bubur Sunar, dia buka dari pagi sampai sore. Kalo ga pengen repot keluar, bisa Go-shop aja. Tapi.. jangan gojek dari Cimahi ke Bandung ya wkwkwk kasian mang Gojeknya.



Harga: kira-kira Rp10.000,00 (bisa pesen setengah porsi juga hehe)



2.     Martabak Mas Iwan

Dari segi rasa, martabak manis disini top banget, paling enak menurutku ketan kelapa susu. Rasa manisnya pas dan ga tumpah-tumpah, topingnya pas. Selain itu, terakhir aku beli, aku request dua rasa dalam satu martabak. Misal, rasa ketan kelapa susu dan pisang coklat, nanti jadi sebelah-sebelah gitu (kanan pisang coklat, kiri ketan kelapa susu).

Beberapa kali sempet nyoba martabak asin di tempat lain, tapi tetep aja paling enak di Mas Iwan. Soalnya, martabak yang standar alias satu telor itu tipis, gurihnya pas, dagingnya ga terlalu banyak, dan telornya kerasa banget. Buat kalian yang suka agak tebel juga bisa double telornya, tapi menurutku masih mantap satu telor. Favorit aku tuh, martabak asin biasa 1 telor ayam pakai daging sapi. Penasaran? Langsung aja dateng kesini di Jalan Kebon Kelapa No.42 Cimahi. 

Harga: sangat affordable, pernah pesen martabak manis dua rasa ga nyampe 30.000 dan martabak asin kira2 20.000. (Di google, udah banyak yang motret lokasi, menu, dan martabak mas Iwan)


3.     Seafood depan SMPN 6 Cimahi

Sepanjang Jalan Gatot Subroto Cimahi, ada banyak seafood emperan yang buka malam hari. Salah satunya ada yang enak banget ikan kerapunya. Selain rasanya meresap dan ga amis, kalo pesen kerapu pasti dapet dua ikan yang cukup besar, lho. Harga menu ikan kerapu sebesar 25000, tapi belum sama nasi (seporsi nasi harganya 5000).  Menurutku, ini salah satu kaki lima yang paling enak seafoodnya. Meskipun menurutku harganya ga tergolong murah untuk kaki lima, rasanya tetep worth it, pas porsinya, dan masih tergolong miring untuk seafood dibandingkan angkringan lain atau di restoran. Tinggal pinter-pinter aja milih menu yang murah hihihi..




4.     Sate Madura depan Pusdik Armed

Siapa penggemar sate? Kalo kalian ngaku penggemar sate, cobain dulu sate yang satu ini. Ga bisa dideskripsiin rasanya. Pokoknya ueenaak! Harga satu porsinya standar kayak sate lainnya, tapi rasanya pas banget, ga terlalu gosong, dagingnya empuk, dan bumbu kacangnya enak banget (beda dari yang lain). Must try!



5.     Kupat Tahu depan Cimall

Pertama kali aku makan disini, aku langsung jatuh cinta sama kupat tahu petisnya. Apalagi, lokasinya di seberang pangkalan bis Explore (Jatinangor-Cimahi). Penjualnya sangat ramah dan sudah kenal supir bis Explore, jadi kalo udah mepet jam berangkat dan masih makan, ibunya langsung teriakin supirnya, “Pak, sakedap!”



Yang uniknya, bumbunya ga langsung ambil terus tuang, tapi selalu diulek dulu setiap ada yang mesen. Kalo diperhatiin, setiap tauge dipotong ujungnya. Ga tau deh buat apa hahaha.. Rasanya mantap, komposisi lontong dan tahunya pas. Nah, kalo buka-tutupnya aku kurang tau, tapi kalo Senin biasanya tutup  guys



Harga: satu porsi kupat tahu Rp10.000,00!



6.     Pecel Lele depan Dustira

Mahasiswa pasti sering menemukan pecel lele, tapi yang ini lain.. Lelenya digoreng panas-panas dan bagian kepalanya sampe kering. Rasanya tetep maknyus, ga kegosongan. Sambel sama nasi uduknya juara pisan! Ga banyak komen, langsung aja ke tempatnya di seberang parkiran rawat inap Dustira, tembok tempatnya warna oren.


             Harga: udah termasuk nasi kira2 Rp15.000,00!



7.     Es Oyen depan Dustira

Sampai saat ini, es oyen paling enak cuman disini. Es oyen disini hari biasa aja cepet banget abisnya karena selain ada es oyen, disini juga ada menu bakso. Jadi, kalo makan siang disini, kebanyakan orang sekalian pesen es oyen. Sayang banget kalo udah ke Cimahi ga ngerasain es oyen depan Rumah Sakit Dustira ;) Paling mantap sih kalo buka puasa, takjilnya es oyen. Beuuh ngeunah pisan..



8.     Keripik Pedes

Cimahi punya satu kampong tersendiri yang penduduknya memproduksi keripik pedes. Bisa dibilang pusatnya keripik pedes. Ga cuma kripik singkong pedes atau basreng aja, tapi ada berbagai kerupuk, level kepedasan, dan rasa.



Ada satu keripik favorit aku yang dulu pernah jadi bisnis sampingan hihihii Lupa namanya, tapi rame banget kiosnya karena ada berbagai rasa, contohnya kari ayam, jeruk nipis, sambal ijo, dll. Kita juga bisa icip-icip, lho.. Tapi, hati-hati ya ketagihan sama micinnya hahaha.. Harganya dihitung perkilo dan kalo buat jualan, bisa minta diplastikin plastic kecil, sedeng, dan besar.



9.     Mi Bakso MYMO

Lokasinya ga jauh dari pintu tol Baros, tepatnya deket Pusdik Pom. Kalau keluar tol Baros, liat ke sebelah kanan jalan (setelah lewatin pusdik) ada gedung bertingkat warna cokelat. Gedungnya keliatan dari jauh, masuk gang tapi masih di deretan depan. Biasanya, orang-orang parker di sebelah gangnya karena emang ga ada lahan parkir di depan MYMO. Menu favorit aku adalaaah Yamin Manis komplit.  Must try!



Dari segi harga, lumayan mahal buat mahasiswa, sekitar 20ribuan. Ga heran sih, sekarang udah ada di menu gofood dan udah banyak orang tau bakso MYMO. Ajak mama aja kalo mau makan kesini wkwk


Nah, itu dia rekomendasi kuliner di Cimahi versi Vanodya hahaa. Ga bakal nyesel deh kalo ke tempat-tempat di atas. Semoga bermanfaat!!


Komentar

Postingan Populer