Bahagia Kalian, Bahagiaku Juga :)

Halo semuanyaa! Udah sekian lama aku ga nulis lagi karena berbagai kegiatan, tugas, ujian, dan pikiran yang membuat aku ga sempet dan ga mood untuk nulis. Biasanya, aku ada sehari dimana mood aku lagi tinggi-tingginya untuk nulis di blog. Salah satunya hari ini.

Hari ini officially aku free dari segala beban kuliah.. untuk sementara siih hehe.. Beres libur, langsung disambung sama ujian compre, besoknya bonding dan brainstorming proker, dan 3 hari berikutnya osce yang katanya susah banget. Osce kali ini beda sih dari yang lain, soalnya skills nya basic banget. Almost semua dokter ngelakuin ini pas praktik, dimana stetoskop sangat digunakan disini. Bismillah aja ya, mohon doanya hihi Yang jelas sekarang ini bisa istirahat sejenak dari beban kuliah, berhubung selama semester ini tuh aktivitas kampus padet banget ditambah perLIan, rapat-rapat, tugas kelompok dll.

Nah, selama persiapan dan pekan ujian, aku delete instagram di hp meskipun masih curi-curi, sih, dari laptop liatnya mhehehe Tapi, lumayan ga sering-sering liat lah dan sekarang kan lebih banyak orang upload story (laptop aku ga bisa play story yang bentuknya video/boomerang via web, sama kayak di hp. Jadi ini sangat mencegah aku berlama-lama liat story orang yang bisa membuang waktu berjam-jam). Jadi yang bisa aku liat cuma timeline dan postingan online shop. Pas semua ujian sebelum liburan ini beres, baru deh install ig lagii karena gatel pengen post foto dan kepo sama story orang.

Eh tapi tau ga yang muncul apa.. Story orang-orang pada sidang sarjana. Bayangin ekspresi aku.. Hmm.. Antara seneng dan sedih, terus jadi galau ngeliat mereka udah berhasil mencapai akhir dari perjalanan panjang selama 4 tahun kuliah. Semua orang yang mensupport dateng ke sidang dan ngasih bucket bunga, makanan, selempangan, balon.. whoaaa emang kayaknya disini hal itu udah jadi budaya. Kayak ga afdol kalo ga ngasih dan wisuda without all of those things is a nightmare. Tapi pengalaman aku pas kakak wisudaa tuh makanan-makanan yang ngabisin bukan dia, tapi aku wkwk bahkan ada yang ga kemakan sampe kadaluarsa. Bunga-bunganya juga layu dan dia diemin begitu aja. Padahal yaa, justru kehadiran yang menurut aku paling penting. Waktu kakakku sidang sarjana, aku lagi operasi odontektomi. Awalnya kedua orang tuaku mau pergi setelah aku masuk ruang operasi, tapi ternyata operasinya sampe berjam-jam dan efek anestesinya kuat banget. Sampe beres operasi, aku masih muntah-muntah dan mataku kayak ketusuk-tusuk. Akhirnya, mereka nemenin sampe aku masuk ruang rawat inap dan bapak-ibu ga jadi dateng ke sidang, keluarga tanteku yang mewakilkan untuk datang. Jujur aku sedih banget karena ga bisa dateng ke sidang kakak.. tapi waktu ga bisa diulang :(

Just a short story about me.. Dulu, pas aku masih di kampus ganesha, aku ga gaul banget orangnya. Rada minder karena ga punya bakat apa-apa, ga pinter di satu bidang yang spesifik, ga tau caranya gaul sama anak-anak kota terutama anak Jakarta, ga suka nongkrong sampe malem di kafe, warung, atau apapun tempatnya, dan ga bisa ngegeng atau buat satu circle pertemanan (lebih kayak menclok sana sini gitu atau prefer 2-3 orang dan itu pun ga ngegeng). Agak dipertanyakan keberadaan aku disana wkwk kayaknya kalo aku ilang juga pada b aja, ga ngeuh aku ilang. Aku juga ga ikut UKM pas TPB, tapi dibilang ansos juga ngga sih. Aku termasuk aktif pas TPB, aktif supporteran, pernah nge-facepainting temen yang mau perform lomba dance, pernah ikut sekolah mentor, ikut panitia olim di himpunan, ketua dekorasi, mentorin mentor.. tapi tetep aja sih, itu semua ga mengubah lingkup pertemanan aku. Apalagi aku bukan hits kampus yang cantik, gaul, dan pinter. Bisa dibilang, ga banyak orang melihat aku dan mau bergaul sama aku. Entah aku yang ga membuka diri atau teman-teman di lingkunganku yang cenderung males bergaul denganku. Aku juga bukan orang yang mau pacaran dan ga sering gaul sama cowo, jadi kadang aku ga bisa luwes kalo ngobrol sama cowo dan agak ngebatasin kontak bahkan untuk salaman. Aku juga hampir ga pernah ngomong kasar (kecuali kalo dikonsumsi sendiri wkw I mean bukan untuk didengar banyak orang atau untuk percakapan antar temen). Entah kenapa sih inii tapi jadi kayak ada batasan gitu buat mengekspresikan diri dan kayak ada barrier buat gaul. Aku pernah nyoba pas SMP dan awal masuk SMA, tapi aneh rasanya kayak ada yang salah di mulut aku. Temen-temen yang gaul sama aku juga biasanya calon istri sholehah, ikutan remaja masjid gitu jadi ga pernah tuh ngomong kasar (atau aku yang ga denger :o). Bisa dibayangkan lah, aku tuh kayak apa.. Modis ngga, alim ngga, pinter ngga.. setengah-setengah semuanya hahaha.. Rajin? Ga juga sih, tampang aku yang mendukung seperti anak rajin. Hmm.. ya amin-in aja deh.

Kenapa aku menceritakan diri aku? Karena aku sempet ngebayangin saat aku wisuda, apa orang-orang bakal pada dateng? Aku bukan anak gaul yang punya banyak temen, tapi apakah temen-temenku yang hanya ada beberapa bakal inget juga? Mungkin cuman segelintir orang yang bakal dateng karena aku ga banyak membantu kehidupan mereka, dekat dengan mereka, bicara dengan mereka, dan selalu ada untuk mereka. Ditambah lagi, mereka pasti udah kerja dan sibuk sama kehidupan pribadi masing-masing. Di fk, aku juga ga aktif di angkatan. Aku sempet mikir gimana kalo ga ada satupun temen aku yang dateng buat ngasih bingkisan kecil atau sekedar mengucapkan selamat. Gimana perasaan aku kalo aku melihat temenku banyak yang dateng ke sidangnya, di saat cuma ada 1 atau 2 orang yang dateng ke sidangku.. Gimana perasaan aku saat orang lain dikasih bunga atau ucapan selamat sama pasangannya, di saat aku belum punya pasangan.. Guyss, aku pernah ngalamin hal ini saat aku ulang tahun. Mungkin kehitung jari temen-temen aku yang ngucapin selamat ulang tahun dan kocaknya aku udah nunggu seharian dan jumlahnya ga naek naek wkwkw ga penting emang.

Satu hal yang aku pelajari dari sini adalah aku harus bisa menerima dan ikhlas. No matter what is in their head, aku ga boleh putus asa dengan mengharapkan penilaian orang atau kepikiran dengan ucapan mereka yang secara tidak langsung mengisyaratkan bahwa kita tidak sesuai dari standar kebanyakan orang. Mungkin aku bakal kecewa, tapi kapan pun, dimana pun.. Setiap orang bisa datang dan pergi, tapi Allah selalu ada :) Aku seneng banget karena selama ujian di bulan Ramadhan ini, aku jadi sering denger ceramah dan dapat banyak pencerahan. Salah satunya adalah jangan mementingkan penilaian manusia, tapi utamakan apa yang Allah perintahkan karena manusia ga punya apa-apa, Allah yang punya segalanya. Kalau manusia hidup dengan berpatokan standar bagi Allah, berarti standar dia udah paling tinggi di antara yang lain. Beda kalo manusia hidup dengan standar penilaian manusia, pasti selalu kurang dan ga bakal pernah puas.

Kadang aku berpikir orang lain lebih bahagia daripada aku. Mereka bisa wisuda lebih dulu, udah bisa kerja, udah bisa mandiri.. Mereka yang sudah memiliki pasangan hidup masing-masing dan selalu terlihat bahagia di foto-fotonya. Tapi lama-lama aku mengerti kalo bahagia mereka adalah bahagia aku juga. Aku bisa melihat mereka sukses dan sekaligus mendapat teman dari berbagai institusi, perusahaan, dan ahli dalam berbagai bidang. Suatu saat, aku pun bisa meminta bantuan kepada mereka dan mereka pun bisa meminta bantuanku. Of course, my journey is still far away to reach the stage that they have achieved. But Allah knows best for me.
Sometimes, being in the back row is not bad. Because there will be no champions if no one is in the back row. But, it will always be our turn to be in the front row whether it is because other players are slower, tired, or injured. Or maybe they could not keep what they had. There will be a time for regeneration. Like football players, there are times when they retire because their performance has decreased. But, he will open the door for new young players. So this is the life cycle. Just a matter of time and God's will.

Happy Monday everyone!
Vanodya

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer