Apresiasi

Zaman sekarang, rasanya ga lazim kalo dikasih sesuatu ga update ke instastory. Ulang tahun diucapin lewat story dan dimention.. Somehow, aku merasa, hal itu jadi menyadarkan orang lain juga untuk mengucapkan hal yang sama atau menunjukkan eksistensi seseorang. Dulu mah, kalo ngucapin langsung ke orangnya juga cukup kan? Tapi kenapa ya, sekarang, rasanya dunia harus tau.. 

Sebenernya ga ada salahnya sama sekali. Menurutku sah-sah aja.. Sayangnya aku bukan orang yang seperti itu. Ucapan apresiasi apapun menurutku sangat personal. Jarang banget aku apresiasi seseorang lewat media sosial kayak instastory (kecuali dulu pas masih ababil wkw). Kalo ada yg aku post berarti orang itu bener2 spesial lah pokoke.. Makanya banyak yang mungkin ngerasa aku kurang apresiatif sama orang lain.. Padahal as simple as ga upload foto hmmm..

Kalo kalian follow ig-ku dari duluuuu banget, pasti masih liat feednya hampir seratus foto.. Tapi setelah itu, aku hapus dan tersisa kurang dari 10 foto. Why? Karena momen itu spesial buat aku.. Sebagian besar momen aku simpen buat arsip pribadi aja ketimbang di share. Mostly topik obrolanku adalah hal yang aku post.. Jadi pas fotonya udah nongol di ig, pas ngobrolin langsung jadi ga asik. Jawabannya pasti: "Oiya, itu kan yang kamu upload di ig?" hmmm.. Kikuk deh ga ada topik.

Ok, mungkin menurut kalian, kalo gitu doang mah gampang lah tinggal cari topik obrolan lain. Iya sih.. Tapi ada hal lainnya..

Dulu, aku pernah nolongin temen aku ke UKS karena dia demam. Aku bantu jalan dan anter ke UKS, buatin teh, dan bikin surat dispensasi padahal habis itu ada ujian kimia. Alhasil, aku telat dan blank ngerjain soal ujian karena udah telat, pas ngerjain tuh nafasnya sesak karena buru2 lari ke kelas. Minggu berikutnya, temenku masuk dan dia udah ikut ujian susulan. Ternyata hasilnya lebih bagus dari aku.. Waktu itu, aku langsung marah dan bilang "Kamu bahkan ga bilang makasih waktu itu."

So, singkat cerita, kami diem2an. Aku yang lagi emosi saat itu menyalahkan temenku.. Tapi sekarang kami udah baikan kok hahaha kami bersahabat dan insyaAllah sejawat 😁 

Nah dari tragedi itu, aku bener2 belajar bahwa sesuatu itu akan bernilai kalau kita lakukan dengan ikhlas, ga ngarepin apa2, bahkan sekedar ucapan "terima kasih". Terlebih lagi, sesuatu akan lebih bernilai ketika tidak ditunjukkan. Ketika kita nolong orang tapi ga diekspos.. Ketika kita doain seseorang, tapi orang itu ga tau kalo sedang kita doakan.. Ketika kita bisa nerima feedback dengan lapang dada.. 

Jadi buatku terima kasih itu sebetulnya meaningless.. Ketika kita seneng diucapin terima kasih, ada kemungkinan kita masih berharap sesuatu.. Hal ini bisa keliatan ketika kita dikata2in malah jadi kesel... Berarti belum ikhlas.. Hehe.. 

Kadang value ucapan "terima kasih", "selamat", "hbd" jadi berkurang karena terkesan formatif aja.. Ga enak ga ngucapin.. Tapi, ucapan itu bisa jadi istimewa ketika yg ngucapin orang2 terdekat dan orang yang paling ga kita duga bakal ngucapin.

Udah ah ngantuk gaess, besok subuh harus sahur. Bye bye!!


Komentar

Postingan Populer