Tahun depan aku 24 tahun?! What?!

Halo guys lama ya aku ga nulis disini. Udah ada setahun kayanya. Kangen banget nulis di blog. Serius!

Jadi, ceritanya, aku sekarang lagi spacing 2 minggu sebelum masuk stase Anestesi. Stase terakhir yang aku ikutin adalah stase Mata. Memang sekarang ini karena era covid, jadi pengaturan jadwalnya beda. Mau ga mau, pada akhirnya akan ada beberapa kelompok yang kosong beberapa minggu. Termasuk kelompok aku.. Ini berdampak ke masa studi dan ujian kompetensi dokter nanti. Kemungkinan besar, batch aku yang masuk Januari 2020 akan ujian kompetensi dokter Februari 2022. Jadi bisa dibilang koas angkatanku yang normalnya harusnya 1,5 tahun menjadi 2 tahun. 

Dengan kondisi covid sekarang ini, aku ngerasa banyak minusnya. Contohnya, pasien lebih sedikit, jaga di poli juga maksimal 2-3 jam, jaga IGD di IPD jadi ga ada, dsb. Kalo secara pengalaman, jadi terhitung lebih sedikit tapi waktu studi kami jadi lebih panjang. Kenapa? Karena sebagian kami jalanin secara online alias PJJ (pembelajaran jarak jauh) dan sebagian lagi offline alias di Poli, Ruangan, OK, dan IGD (kalo ada). Sedih sih.. tapi aku tau semua orang juga pusing menghadapi situasi kayak gini. Pengen maksimal tapi da ga bisa juga karena sekarang risiko bertambah. Takut juga kalo sampe positif covid. 

Anyway.. karena masa studi aku makin lama, ya pasti berdampak juga ke waktu lulus.. Yang berarti, aku lulus di usia 25 tahun. Kalo dibandingin waktu aku kuliah di ITB, mungkin aku udah bisa lulus S1 dan udah bisa melamar kerja di usia 21 tahun. Dan kalo aku ambil fast track atau langsung S2, kayanya di umur 25 aku udah punya gelar master. Abang aku pun lulus usia 21 tahun. Terus aku? Lulus di usia 25 tahun dan 5 tahun kemudian sudah 30 tahun he he.. 

Beberapa hari yang lalu, berhubung aku juga sedang sibuk menggabut, aku kepikiran dengan masa depanku sendiri dan ngerasa belum ada improvement dalam diriku selama hidup 23 tahun ini. Sampe akhirnya sahabat aku bilang kalo aku ga harus mikirin hal-hal seperti itu dan jangan ngebandingin hidupku dengan hidup orang lain. Emang sih manusia tuh cuma bisa berencana, ga ada yang ngerti tiba-tiba covid datang di tahun 2020. Hmm..

Tahun depan udah 24 tahun. Kalo perempuan pasti apalagi sih yang sering ditanyain, kalo bukan "kapan nikah? udah punya pacar?" Jujur, banyak orang yang aku ga kenal deket tiba-tiba ngajak ngobrol atau sekedar DM. Terus aku langsung mikir, nih orang ada maunya deh kayanya wkwk. Aneh banget buat aku ada orang ngedeketin walaupun mungkin udah saatnya ya.. Tapi kenapa ya, terlalu obvious ngedeketinnya. Terlalu obvious mau cari calon pendamping hidup seorang dokter. Emang kadang aku suka react dengan story orang dan randomly DM/chat orang. Tapi emang aku tuh begini gais, kagak lebay aku tuh begini adanya dan no feeling. Karena aku seorang extrovert dan kuliah kedokteran, aku seneng banget ngobrol sama orang lain. Aku jadi mikir juga sih, apa aku kelewat batas jadi bikin orang baper ya? 

Ga jarang juga nih.. ketika seseorang ada yang chat/DM tiba-tiba, aku ngerasa orang itu melihat profesi aku, bukan diri aku sendiri. Kadang ngerasa juga, sepede itukah karena mereka anak teknik dan aku dari kedokteran jadi langsung mikir "Engineers are better with doctors"?

Jujur aja, setelah sekian tahun aku kuliah di kedokteran... Aku justru menyadari bahwa "Doctors are better with doctors too" karena kami lebih sepaham. Tapi gatau juga sih.. karena belum pernah merasakan wkwkw Cuman pasangan satu profesi itu menurut aku lebih pengertian dan bisa saling support karena satu lingkup pekerjaan. Lebih enak juga diskusi kesehatan. Terus lebih gampang dikasih tau tentang kesehatan bahkan kayanya udah ngerti sendiri tanpa dikasih tau. 

Yang awalnya aku pikir akan membosankan, justru malah seru karena kita nyambung satu sama lain. Awalnya, aku sempet mikir kalo dokter itu super kutu buku, kutu ebook/jurnal kalo jaman now :)) Padahal.. iya sih emang wkwk karena ya mau ga mau harus baca dong, bisa gawat kalo ga bisa jelasin ke pasien. Tapi, di luar statement itu, banyak banget temen-temen aku yang berbakat dan punya kesibukan lainnya. Musik, olahraga, masak, bisnis, MC, IT, game, hiking, dll. Aku bahkan sangat salut sama mereka karena di saat agenda kedokteran itu sibuk banget, mereka masih bisa-bisanya ngeluangin waktu untuk melakukan berbagai hal yang keren-keren banget. Ditambah lagi, sudah tidak diragukan hygiene anak FK wkwk ga kayak dulu pas di ITB, jaket himpunan ga dicuci sampe berminggu-minggu padahal udah kucel, bau.. malah dibilang makin keren. Hmmm -__________________- 

Baiklah, sudah mulai ngelantur kemana-mana. Jadi kita sudahi saja ya. Sampai jumpa lagi teman-teman!


Komentar

Postingan Populer